MAKALAH MANAJEMEN OPERASI
GLOBAL
STUDY KASUS INDUSTRI
AUTOMOTIVE
VW DE MEXICO dan VW
SHANGHAI
DISUSUN OLEH:
Irfan Rahmanindra Nugraha 12130068
Muhammad khoirur rojib 12130093
Novita Wahyuningtyas 12130109
Nurkalim 12130110
STIE BANK BPD JATENG
2015/2016
BAB I
PENDAHULUAN
1.
Latar
Belakang Masalah
Melihat
perkembangan di dunia bisnis yang terus berkembang maka tuntutan akan produk
pun semakin beragam dan terus-menerus berkembang sesuai dengan perkembangan
zaman. Setiap manusia tidak lepas dari berbagai macam kebutuhan dalam hidupnya,
mulai dari kebutuhan primer, sekunder, dan tersier. Kebutuhan tersier manusia
merupakan kebutuhan yang hanya bisa
dipenuhi dengan mengonsumsi barang mewah atau luks, misalnya dengan
mengoleksi mobil mewah. Dunia bisnis saat ini semakin ramai akan produk-produk
yang inovatif demikian
juga dalam perkembangan bisnis dunia otomotif. Mobil merupakan pasar yang
sangat menggiurkan, harganya yang cukup menarik serta peminatnya yang tinggi
membuat bisnis dunia otomotif semakin berkembang pesat.
Volkswagen (VW)
adalah sebuah pabrik berbasis otomotif
di Wolfsburg, Lower Saxony, Jerman. Volkswagen merupakan merk asli dari Volkswagen Group, yang
juga membawahi beberapa merk mobil lain seperti Audi, BentleyMotors, Bugatti Automobiles, Automobili Lamborghini, SEAT, Škoda dan sebuah pabrikan kendaraan komersial Scania. Produk-produk keluaran Volkswagen sangat diminati konsumen dan
laku dipasaran. Dari awal berdirinya sejak tahun 1934 hingga saat ini
Volkswagen menunjukkan perkembangan yang cukup pesat. Awal berdirinya,
Volkswagen hanya fokus pada mobil rakyat berkapasitas 2 sampai 3 orang saja,
kemuadian pada saat Perang Dunia II Volkswagen mulai memproduksi kendaraan
militer. Dan setelah Perang Dunia II Volkswagen memproduksi sekitar 19 jenis
merek mobil hingga pada tahun 1955 Volkswagen mampu memproduksi Beetle
Type-1 mencapai 1 juta unit.
Volkswagen memiliki anak
perusahaan bernama Volkswagen de Mexico SA de CV (VW Meksiko). VW
Meksiko memproduksi beberapa model seperti Jetta, Bora, New Beetle dan Model Golf Variant . VW Meksiko merupakan pabrik yang sangat
strategis dan penting bagi Volkswagen Group dan merupakan pabrik yang terbesar kedua di luar Jerman
yang memproduksi kendaraan untuk diekspor ke lebih dari 120 negara di seluruh
dunia. Selain VW Meksiko, Volkswagen juga membuka pabriknya di
Shanghai. Shanghai Volkswagen Automotive
Co, merupakan perusahaan patungan antara Volkswagen AG dan SAIC Motor
Corp. Perusahaan tersebut akan segera membangun sebuah mobil elektrik di
China. Menurut Kementerian Industri dan Teknologi Informasi, produk tersebut
akan dijual dengan brand baru bernama Tantus, dan bukan brand VW. Keadaan
tersebut menggambarkan begitu pesatnya perkembangan Volkswagen dikalangan
global.
2.
Perumusan
Masalah
1.
Bagaimana strategi
pengembangan pemasok pada perusahaan VW?
2.
Bagaimana mengatur
hubungan pemasok dan konsumen pada perusahaan Volkswagen ?
3.
Bagaimana menciptakan dan mengelola kemitraan customer dan
supplier ?
BAB II
LANDASAN TEORI
A. STRATEGI OPERASI
Pada
umumnya perusahaan yang bergerak di sektor barang maupun sektor jasa
menginginkan perusahaan untuk dapat mencapai tujuan nya secara efektif dan
efisien sehingga membutuhkan strategi yang akan diimplementasikan.
Strategi operasi adalah suatu fungsi yang menetapkan keseluruhan arah
atau daya dorong untuk mengambil keputusan. Visi ini harus diintegrasikan
dengan strategi bisnis, dan seringkali,tetapi tidak selalu direfleksikan dalam
perencanaan formal. Strategi operasi seharusnya menghasilkan suatu pola
pengambilan keputusan operasi yang konsisten dan suatu keunggulan bersaing bagi
perusahaan.
Analisis Eksternal
meliputi analisa mengenai kebutuhan konsumen, teknologi baru, perubahan sosial,
perubahan ekonomi, persaingan, perubahan undang-undang, peruban politik dan
factor lainnya di luar perusahaan yang berdamapak terhadap perusahaan secara
langsung maupun tidak langsung.
Analisis Internal meliputi analisa tentang berbagai input yang digunakan perusahaan seperti bahan baku, overhead, tenaga kerja, manajemen serta kondisi di dalam perusahaan yang bersangkutan.
Analisis Internal meliputi analisa tentang berbagai input yang digunakan perusahaan seperti bahan baku, overhead, tenaga kerja, manajemen serta kondisi di dalam perusahaan yang bersangkutan.
Dalam
situasi dan kondisi yang terus berkembang, maka banyak perusahaan membuat
keputusan untuk menegmbangkan bisnis ke dunia internasional. Ada berbagai
alasan kuat yang mendasari perusahaan menjadi global, diantaranya adalah
sebagia berikut :
1. Efisiensi Biaya
Banyak cara yang telah
dilakukan oleh perusahaan yang beroperasi secara internasional untuk dapat
mengurangi berbagai biaya antara lain dengan:
a) Pemilihan
lokasi yang menyediakan biaya tenaga kerja rendah.
b) Pemanfaatan
adanya kesepakatan perdagangan yang berdampak pada
2. Perbaikan Manajemen Rantai Pasokan
Dengan menempatkan
fasilitas di negara dimana sumber daya tertentu berada maka pengelolaan
manajemen rantai pasokan dapat lebih terjamin.
3. Pemberian produk yang lebih baik
Karena karakteristik
produk yang diinginkan konsumen sangat bervariasi dan ditentukan oleh
masing-masing lokasi maka banyak perusahaan yang beroperasi secara
internasional menempatkan diri di negara dimana produknya dipasarkan misalnya
disesuaikan dengan budaya yang berlaku .
4. Menarik pasar Baru
Perusahaan yang
wilayah pemasarannya di dalam negeri sudah terbatas maka dapat memanfaatkan
pasar luar negeri yang masih terbuka.
5. Belajar untuk beroperasi yang lebih baik
Banyak perusahaan melakukan
kerjasama dengan perusahaan lain dari negara lain untuk alih teknologi,
mengadakan riset bersama ataupun kerjasama dalam desain serta kegiatan
operasional lainnya.
6. Bisa mendapatkan dan mempertahankan bakat global
Perusahaan yang memiliki
karyawan yang baik, dapat memberikan kesempatan karir yang lebih baik dengan
cara beroperasi secara global sehingga dapat memper tahankan karyawan .
Ø
Supply Chain Management
Menurut Heizer dan Render
(2000, p434) manajemen rantai pasokan (supply chain management) adalah pengintegrasian
aktivitas pengadaan bahan dan pelayanan, pengubahan menjadi barang setengah
jadi dan produk akhir, serta pengiriman ke pelanggan.
Ø
Tujuan Supply
Chain Management
Menurut Heizer dan Render
(2000, p435) tujuan supply chain management adalah untuk
membangun sebuah rantai yang terdiri dari para pemasok yang
memusatkan perhatian untuk memaksimalkan nilai bagi pelanggan. Manajemen
rantai pasokan mencakup aktivitas untuk menentukan:
Transportasi ke vendor.
Pemindahan uang secara
kredit dan tunai.
Para pemasok.
Bank dan distributor.
Utang dan piutang usaha.
Pergudangan dan tingkat
persediaan.
Pemenuhan pesanan.
Berbagi informasi
pelanggan, prediksi, dan produksi.
Ø
Strategi Supply
Chain
Strategi supply
chain menurut Heizer dan Render (2000, p438) :
1, Banyak pemasok (many
supplier).
Dengan
strategi banyak pemasok (many supplier), pemasok menanggapi permintaan
dan spesifikasi “permintaan dan penawaran”, (request for quotation),
dengan pesanan yang pada umumnya akan jatuh ke pihak yang memberikan penawaran
terendah.
2. Sedikit pemasok (few
supplier).
Strategi
yang memiliki sedikit pemasok (few supplier) mengimplikasikan bahwa
daripada mencari atribut jangka pendek, seperti biaya rendah, pembeli lebih
ingin menjalin hubungan jangka panjang dengan beberapa pemasok yang setia.
3. Integrasi vertikal (vertical
integration).
Integrasi
vertikal (vertical integration) berarti mengembangkan kemampuan untuk
memproduksi barang atau jasa yang sebelumnya dibeli atau membeli perusahaan
pemasok atau distributor.
4. Jaringan Keiretsu (Keiretsu
networks).
Keiretsu
adalah sebuah istilah bahasa Jepang untuk menggambarkan para pemasok yang
menjadi bagian dari sebuah perusahaan.
5. Perusahaan virtual (virtual
company).
Perusahaan virtual (virtual
company) adalah perusahaan yang mengandalkan beragam hubungan pemasok untuk
menyediakan jasa atas permintaan yang diinginkan. Juga dikenal sebagai
korporasi berongga atau perusahaan jaringan.
Ø
Strategi Lokasi
Penentuan lokasi pabrik
sangat menentukan kelangsungan hidup perusahaan di masa yang akan datang.
Pemilihan lokasi berarti menghindari sebanyak mungkin seluruh segi-segi negatif
dan mendapatkan lokasi dengan paling banyak faktor-faktor positif.
Penentuan lokasi yang
tepat akan meminimumkan beban biaya (investasi dan operasional) jangka pendek
ataupun jangka panjang, dan ini akan meningkatkan daya saing perusahaan. Letak
geografis suatu pabrik mempunyai pengaruh terhadap sistem produksi yang ekonomis, karena
banyak faktor-faktor yang memengaruhi letak fasilitas/mesin-mesin dalam pabrik,
dan yang lebih penting lagi karena lokasi tersebut akan memengaruhi besarnya
biaya operasi ataupun biaya kapital.
Faktor yang mempengaruhi
Keputusan Lokasi:
§
Produktivitas Tenaga
Kerja
§
Nilai Tukar
§
Biaya
§
Sikap
§
Kedekatan dengan Pasar
§
Kedekatan dengan Pemasok
§
Kedekatan dengan Pesaing
(Clustering)
Sedangkan untuk
faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan lokasi yaitu:
1. Biaya
tenaga kerja (termasuk upah, serikat pekerja, produktivitas)
2. Ketersediaan
tenaga kerja (termasuk sikap, usia, distribusi, dan keterampilan)
3. Kedekatan
dengan bahan baku dan pemasok
4. Kedekatan
dengan pasar
5. Negara
dan pemerintah daerah kebijakan fiskal (termasuk insentif, pajak, kompensasi
pengangguran)
6. Utilitas
(termasuk gas, listrik, air, dan biaya mereka)
Faktor-faktor lain
(faktor sekunder) yang Mempengaruhi Pemilihan Lokasi:
1. Situs
biaya (termasuk tanah, ekspansi, drainase parkir,)
2. Transportasi
ketersediaan (termasuk kereta api, udara, air, dan jalan antar negara bagian)
3. Kualitas-hidup
masalah (termasuk semua tingkat pendidikan, biaya hidup, kesehatan, olahraga,
kegiatan budaya, transportasi, perumahan, hiburan, fasilitas keagamaan.
4. Devisa
Termasuk tarif dan stabilitas
5. Kualitas
pemerintah (termasuk stabilitas, kejujuran, sikap terhadap bisnis baru - baik
di luar negeri atau lokal)
Perangkap Dalam Pemilihan
Lokasi
1. Lokasi
sulit mendapatkan tenaga kerja .
2. Lokasi
dengan harga tanah murah, tetapi kondisinya jelek sehingga perlu biaya mahal
untuk membuat pondasi.
3. Lokasi
diluar kota dengan harga murah, tetapi fasilitas prasarana jalan dan saran
transportasi belum dibangun.
4. Lokasi
di sekitar pemukiman dan sulit membuang limbah.
Tahap Pemlihan Lokasi
Pabrik
1. Melihat
kemungkinan beberapa alternatif daerah yang akan dipilih
2. Melihat
pengalaman orang lain dan pengalaman sendiri untuk menentukan lokasi pabrik.
3. Mempertimbangkan
dan menilai alternatif pilihan yang menguntungkan.
4. Pemilihan
Berbagai Alternatif Lokasi
Ø
Analisa Lokasi Fasilitas
Global
Menggunakan faktor kunci
sukses untuk memilih negara, diantaranya dengan mempertimbangkan tingkat
ekonomi nasional, tingkat inovasi, jumlah penduduk yang trampil, tingkat
perubahan teknologi, stabilitas pemerintahan, pertanggung jawaban produk,
pembatasan ekspor, kesamaan bahasa, etika kerja, tingkat pajak, inflasi,
ketersediaan bahan baku, tingkat bunga, jumlah penduduk dan ketersediaan sarana
jalan.
BAB III
PEMBAHASAN
PROFIL PERUSAHAAN
1.
Sejarah
dan Perkembangan Perusahaan
Volkswagen (VW) merupakan pabrikan otomotif berbasis di Wolfsburg, Lower Saxony, Jerman. Volkswagen didirikan oleh Serikat Buruh Jerman (Deutsche
Arbeitsfront) pada tahun 1937. Volkswagen merupakan merk asli dari
Volkswagen Group, yang juga membawahi beberapa merk mobil lain seperti Bugatti Automobiles, Automobili Lamborghini, SEAT, Audi , Bentley Motors, Skoda dan sebuah pabrikan kendaraan komersial Scania.Pada tahun 2009, Supervisory Board dari
Volkswagen AG mengesahkan pendirian grup otomotif yang terintegrasi
dengan Porsche di bawah naungan
Volkswagen. Nama Volkswagen sendiri dalam bahasa Jerman memiliki
arti "mobil rakyat". Tagline Volkswagen saat ini adalah Das
Auto (dalam bahasa Inggris The Car). Moto sebelumnya
adalah Aus Liebe zum Automobil (Kecintaan kepada Mobil).
a.
Latar
Belakang Munculnya Volkswagen
Pada awal 1930 pabrikan
otomotif Jerman masih banyak terdiri dari pabrikan mobil
mewah, karena rata-rata penduduk Jerman tidak bisa membeli
lebih dari sebuah motor. Dengan melihat pasar potensial yang
ada, beberapa pabrikan membuat projek independen untuk “mobil rakyat” seperti
Adler AutoBahn, Mercedes' 170H, Hanomag 1.3L, Steyr 55 dan
lainnya. Sampai pada tahun 1933, banyak dari projek tersebut
masih dalam pengembangan atau pada tahap produksi awal. Adolf
Hitler menyatakan akan
membuat sebuah “mobil rakyat”. Hitler menginginkan sebuah mobil standar
berkapasitas 2 dewasa dan 3 anak dan berkecepatan 100 km/jam (62
mil/jam). Pada waktu itu, Insinyur yang terpilih untuk mengembangkan
projek mobil ini adalah Ferdinand Porsche. Porsche
adalah seorang desainer Mercedes 170H dan juga pernah bekerja pada Steyr
untuk beberapa saat akhir 1920an.Pada tanggal 22 Juni 1934, Dr. Ferdinand Porsche
setuju untuk membuatkan mobil rakyat tersebut untuk Hitler sehingga
didirikanlah pabrik mobil yang bernama Volkswagen.
b.
Produksi
Awal Volkswagen
Pada tahun
1936 muncul prototipe dengan nama “KdF-Wagen”. Dimana mesinnya
sudah dilengkapi dengan pendingin udara, 4 silinder, dan terletak di
belakang. Dengan sebuah nama perusahaan Gesellschaft zur Vorbereitung des
Deutschen Volkswagens mbH pada 28 Mei 1937. Pada tanggal 16 September 1938
nama perusahaan tersebut diganti menjadi "Volkswagenwerk
GmbH". Bangunan pabriknya sendiri dimulai 26 Mei 1938 di kota bernama
KdF-Stadt (Wolfsburg). Namun pabrik ini
hanya mampu memproduksi mobil sedikit
karena terjadi Perang Dunia II pada tahun 1939. Salah
satu produksi VW yang dipersembahkan pada Hitler di hari ulang
tahunnya, dengan Type 1 Cabriolet digunakan untuk memproduksi
kendaraan militer. Namun, pada pertengahan perang, kota
KdF-Stadt beserta pabriknya di bom hingga rusak berat.
c.
VW
Setelah Berakhirnya Perang Dunia II
Setelah berakhirnya
Perang Dunia II, pabrik VW kembali dibangun. Sampai pada tahun 1946
produksinya sudah mencapai 1000 unit per bulannya. Yang pada
waktu itu, pabrik VW ada di bawah naungan Inggris. Setelah
itu pada tahun 1948, pabrik VW diserahkan pada
Jerman,yang menjadikan roda penggerak ekonomi utama bagi Jerman
Barat. Dengan hasil produksi Volkswagen Beetle Type-1 mencapai
1 juta unit .
Produk Volkswagen
·
Eos
·
Fox
·
Golf
Mk6
·
Multivan
|
·
Phaeton
·
Polo Mk5
·
Scirocco
·
Sharan
·
Touran
·
Tiguan
·
Touareg
|
d.
SHANGHAI
VOLKSWAGEN
Shanghai
Volkswagen Automotive Co, Ltd (SVW) terletak di Anting International
Auto,Kota di barat laut kota Shanghai, Shanghai Volkswagen
menempati lahan seluas 3.330.000 m2, dengan luas bangunan 900.000
m2. Saat ini perusahaan memiliki produk yang terdiri dari
enam seri dari mobil penumpang Santana, Santana 3000,
Polo, Passat, serta VW Touran Golf.
Shanghai Volkswagen merupakan salah satu pabrik mobil terbesar di
China yang memilki kapasitas produksi lebih dari 450.000
unit per tahun.Shanghai Volkswagen didirikan pada Maret 1985,
SVW adalah perusahaan pertama yang mencoba untuk mebuat mobil dengan
mengekspornya pada dunia luar.
e.
VW DE
MEKSIKO
Volkswagen de Mexico SA
de CV, merupakan anak perusahaan dari Volkswagen yang didirikan pada
tahun 1964 di pinggiran Puebla. Pabrik Volkswagen
ini adalah perusahaan terbesar di Meksiko. Volkswagen de Mexico SA de
CV memproduksi beberapa model seperti, Bora, Jetta, New Beetle dan Model Golf Variant. Pabrik ini sangat
strategis dan penting bagi Volkswagen Group dan
merupakan pabrik yang terbesar kedua di luar Jerman yang memproduksi kendaraan
untuk diekspor ke lebih dari 120 negara di seluruh dunia. Sejak tahun 2000
produksi VW Meksiko berkurang, dikarenakan rendahnya penjualan di AS. Akan
tetapi pada tahun 2007 pabrik ini mampu produksi kembali bahkan
mengalami peningkatan sampai 411,000 kendaraan. Bahkan di tahun
2008 VW Meksiko mampu memproduksi sebanyak satu juta New
Beetle. Hal ini menjadikan VW Meksiko menjadi produsen
mobil nomor empat di pasar Meksiko setelah General Motors, Nissan dan Ford Motor Company. Serta
perusahaan ini mampu meraih pangsa pasar sebesar 18, 2% di pasar
Meksiko. Pada akhir tahun 2008 volume perakitan mencapai 450,802
unit. Dimana sebesar 378,288 unit ditujukan untuk pasar ekspor;
sebanyak 152,562 unit dikirim ke Eropa sebanyak 156, 032
unit dikirim ke AS dan Kanada , sekitar 48,726
unit ke Amerika Selatan dan
20,968 unit untuk pasar Asia. Sedangkan
sisanya 72,514 unit dijual untuk pasar
domestik Meksiko.
2.
Hubungan
konsumen dan pemasok Volkswagen
Volkswagen telah mengatur
sedemikian runtutnya dalam menciptakan hubungan antara pemasok dan konsumennya.
Sebagai contohnya adalah VW Meksiko mengirimkan mobil dan suku cadangnya untuk
dirakit di Nigeria, dan mengirimkan hasil rakitan ke Brazil, sementara VW
Meksiko sendiri menerima suku cadang hasil rakitan dari kantor pusat di Jerman.
3.
Menciptakan dan mengelola
kemitraan customer dan supplier
Pengelolaan Operasi
Shanghai Volkswagen membentuk tata letak produksi pada
pengelolaan operasi dari empat daerah produksi utama, yaitu Pabrik Mobil 1,
Mobil Plant 2, 3 Pabrik Mobil dan Engine Plant, serta pusat teknis. Perusahaan ini menawarkan banyak fasilitas
manufaktur kelas dunia dan teknik, yaitu jalur perakitan modular dan laser, peralatan
inspeksi online yang memastikan produk berkualitas tinggi, Pada tahun 1995,
Shanghai Volkswagen menjadi produsen mobil pertama di Cina yang memperoleh
penghargaan ISO 9001. Kemudian ditahun 2001, Shanghai Volkswagen membuat
Pengendalian Mutu , dimana pengukuran mutu dilakukan secara modern dengan
menggunakn sistem digital. Saat ini Shanghai Volkswagen telah melakukan
investasi sebesar 2 miliar Yuan di fasilitas perangkat keras pada beberapa
tahun terakhir. Fasilitas ini merupakan fasilitas canggih untuk sebuah
pengembangan independen dari badan mobil dan mesin yang disesuaikan dengan
sistem kelistrikan dan chassis. Dimana kontrol kualitas diinstal dengan
peralatan tingkat dunia untuk pengujian logam, non-logam dan
kelistrikan.Sehingga pada tahun 2003,Shanghai Volkswagen mampu memproduksi
mobil bernama Vw Polo, hingga diekspor ke Australia, sedangkan di tahun 2004
Shanghai Volkswagen berhasil memproduksi Vw Santana, yang merupakan produk
Shanghai Volkswagen yang paling laris sampai saat ini. Hal ini dikarenakan VW
Santana dibuat dengan pengembangan yang luar biasa karena didasarkan pada pola
konsumsi negara berkembang.
Kemitraan
Shanghai Volkswagen
berkerjasama pada lintas budaya dan teknologi antara antaraa
Jerman dengan Cina yang sangat sukses.
Shanghai Volkswagen adalah produsen mobil pertama yang menerima
"Penghargaan Manajemen Mutu Nasional" yang dikeluarkan oleh China
Quality Management Association . Shanghai Volkswagen telah berhasil memproduksi
3 juta mobil yang menjadikan perusahaan ini menjadi produsen mobil pertama di
Cina yang mampu mewujudkan output total sebanyak 3 juta mobil. Pada tahun
2001 Shanghai Volkswagen meluncurkan
kembali mobil ciptaannya serta melaksanakan proyek Customer Relationship
Management (CRM) sehingga menjadikan Shanghai Volkswagen ini dalam lima tahun
terakhir terpilih sebagai pemenang Best Enterprise Implementasi CRM dalam
industri pembuatan mobil Cina. Pada tahun 2005, Shanghai Volkswagen
memperkenalkan kembali layanan baru berjudul "Techcare", yaitu
layanan yang menggabungkan pembelian kendaraan, pemeliharaan, penggantian serta
dekorasi ke dalam pelayanan secara keseluruhan, sehingga customer dapat menikmati layanan ekstra dari
perusahaan.Program unggulan produk ini memberikan pelayanan penjualan
professional dan sistematis,transparan dan terpercaya. Dalam bidang Tanggung
Jawab Sosial Perusahaan atau CSR .Selain
menyediakan konsumen produk kelas satu, bagi konsumen Shanghai
Volkswagen juga berkomitmen untuk meminimalkan dampak lingkungn yang dihasilkan
dari produk mereka.dan melalui ilmu pengetahuan dan teknologi.Yang menjadikan
Shanghai Volkswagen memperoleh Manajemen Lingkungan ISO14001 Sertifikat
Otentikasi pada tahun 1997. Shanghai Volkswagen mempunyai orientasi untuk fokus
dalam memproduksi mobil yang ramah lingkungan dan memberikan kenyamanan serta
keselamatan sehingga semua mobil buatan Shanghai Volkswagen telah memenuhi
peraturan emisi gas buang euro 2. Selain itu Shanghai Volkswagen juga memiliki
andil dalam kegiatan budaya dan olahraga. Dimana dalam kegiatan ini Shanghai Volkswagen menyumbangkan 160
juta yuan untuk mensponsori kegiatan amal, budaya dan pendidikan, kesehatan
masyarakat, olahraga, dll, sehingga Shanghai Volkswagen memperoleh penilaian yang sangat baik pada
masyarakat Cina.
STUDI KASUS
1.
Keputusan VW untuk
mengkonsolidasikan produksi untuk Amerika Utara di Meksiko
Para
pembuat mobil meresmikan perluasan dari pabriknya di Puebla, Meksiko, yang
bertujuan untuk meningkatkan produksi tahunan untuk Amerika Utara dengan lebih
dari 100.000 kendaraan menjadi sekitar 430.000 . Volkswagen akan menggunakan
pabrik Puebla, untuk menghasilkan mobil “peringatan dua abad” untuk
memperingati 200 tahun kemerdekaan Meksiko dari Spanyol tahun ini, bersama
dengan model lainnya. Pabrik Puebla memiliki sekitar 9.500 pekerja dan
memproduksi 1.600 kendaraan per hari. Volkswagen mengalihkan produksinya ke
Amerika Utara dan telah membangun pabrik baru di Chattanooga, Tennessee.
Perusahaan menjual 3,5 juta kendaraan pada semester pertama 2010, 15 persen
lebih tinggi dari periode yang sama tahun lalu. Karena letaknya sangat
strategis dan penting bagi volkswagen group dan dianggap akan menjadi pabrik
yang terbesar walaupun kalah besar dengan pabrik di Jerman, kalau menurut
pendapat kelompok kami bahwa adanya atau pembangunan pabrik di Puebla akan
mendukung pembuatan produksi dan bisa meningkatkan produk tersebut
walaupun terjadi pasang surut penjualan tetapi adanya konsolidasi lebih banyak
meningkatkan produksi dan penjualan yang tinggi sehingga pabrik di
Puebla menjadi nomor 2 terbesar setelah di Shanghai, kami sangat setuju
sekali adanya konsilidasi pabrik di Puebla disamping bisa meningkatkan
produksi juga bisa membuka lapangan pekerjaan, pada kesimpulanya adanya
konsilidasi tersebut produksi dan penjualanya sangat meningkat dan bisa membuka
lapangan pekerjaan. Terlebih Negara pauble merupakan Negara sangat sangat
strategis serta masih termasuk Negara berkembang. Yang mana pada dasarnya
Negara berkembang tersebut masih sangat membutuhkan konsumsi alat transportasi yang
memadai serta berkualitas yang sesuai dengan standart dari Negara tersebut.
Terlebih pada kependudukan yang ada di negara puebla mempunyai kepadatan yang
sangat besar.
2.
Tantangan baru dalam
perdagangan bebas yaitu NAFTA dan cara mengahadapi NAFTA
NAFTA merupakan
suatu area perdagangan bebas di Amerika Utara yang beranggotakan negara Amerika
Serikat, Kanada dan Meksiko. Kesepakatan Free trade itu
merupakan area perdagangan yang menyatukan daerah kepabeanan, dimana bea dan
hambatan perdagangan dihilangkan. Namun bagian terbesar pengaturan NAFTA adalah
penurunan tarif, rules of origin (ketentuan asal barang) dan
peraturan kepabeanan. Tujuan utama NAFTA adalah menciptakan perdagangan bebas
sesama anggota NAFTA, dengan menghilangkan hambatan perdagangan. Hambatan
perdagangan itu bisa berupa hambatan tarif dan hambatan non tarif.
Untuk memanfaatkan hal
ini maka VW membangun pabrik baru di Meksiko dalam rangka efisiensi. Dengan
memproduksi mobil di Meksiko,VW bisa memberikan harga jual yang lebih murah di
Meksiko,Kanada dan Amerika Serikat sebagai target pasar utamanya jika
dibandingkan dengan Impor dari Jerman atau negara lainya. Ini disebabkan adanya
penurunan tarif yang diterima karena barang berasal dari Meksiko sehingga
produk VW akan bisa lebih bersaing dengan Toyota dan General Motors.
NAFTA dapat mengubah
dinamika kompetitif Industri karena perusahaan yang membangun pabrik dan
memproduksi barang di negara anggota NAFTA akan menikmati efisiensi jika
menjual produknya di negara anggota NAFTA. Dengan adanya efisiensi ini maka
akan menciptakan iklim persaingan baru diantara para produsen.
3.
Usaha yang dilakukan VW
dalam menghadapi tantangan NAFTA
v VW
menambah investasi hingga US$ 1 milyar atau sekitar Rp 10 trilyun untuk
meningkatkan kapasitas produksi dan penelitian hingga pengembangan
produk-produk Volkwagen di daerah Amerika Utara.
v Volkswagen
melakukan investasi sebesar 550 juta dolar di sebuah pabrik baru di Meksiko
guna membantu raksasa mobil Jerman tersebut memperkuat posisinya di pasar
Amerika Utara.
4.
Usaha VW mengatasi
masalah perburuhan
Dilakukan
dengan cara melakukan beberapa pelatihan kepada para karyawan seperti pelatihan
mengoperasikan robot,pelatihan bahasa Jerman untuk karyawan yang berasal dari
Meksiko,pelatihan bahasa Spanyol untuk karyawan yang berasal dari Jerman dan
palatihan bahasa Inggris untuk semua karyawan. Ini bertujuan untuk
meminimalisir konflik yang terjadi akibat dari kesulitan berkomunikasi. Secara
lebih lanjut ini bertujuan untuk menjaga kualitas produksi agar setara dengan
VW Jerman.
5.
Pengembangan usaha
patungan antara VW dengan Sanghai
Dalam
20 tahun terakhir, SVW terus mengumpulkan modal sendiri dan mengembangkan
usaha. SVW's success has greatly promoted the growth of the Chinese
car-making industry. Keberhasilan SVW telah sangat membantu pertumbuhan
industri mobil Cina. While expanding its production scale, SVW started the
Santana localization endeavor to revitalize the Chinese parts supply
industry. dengan memperluas skala produksinya, SVW memulai melokalisasi
dan merevitalisasi industri komponen pasokan dari Cina. This grand
trans-regional, inter-departmental, cross-industry and systematic project has
helped a large number of local parts suppliers achieve their technical
advancement, thus laying a solid foundation for manufacturing parts and
components up to the international standard. Proyek sistematis ini telah
membantu sejumlah besar pemasok lokal Cina mencapai banyak kemajuan, sehingga
bisa meletakkan dasar yang kuat untuk bagian manufaktur dan komponen dengan
standar internasional. Now over 400 domestic suppliers are able to supply
SVW with locally made parts. Sekarang lebih dari 400 pemasok dalam negeri
mampu menyediakan kebutuhan bagi SVW dengan komponen buatan
lokal. SVW-accepted parts makers are now accepted by other carmakers as
their parts suppliers, and some of them have become suppliers for global
sourcing manufacturers.beberapa dari merekapun bersama SVW telah menjadi
pemasok untuk produsen sourcing global. Melalui Program kerjasama proyek, SVW
telah membangun sebuah tim pengembangan produk yang efisien yang terdiri dari
karyawan denagn kualifikasi tinggi. From introduction, assimilation and
absorption of overseas technology to the joint product development, SVW has now
entered the constructive period of independent vehicle development. Tim
ini mempunyai tugas untuk mengimplementasi prose pengenalan, asimilasi dan
penyerapan teknologi luar negeri untuk pengembangan produk bersama, SVW kini
telah memasuki masa konstruktif pembangunan kendaraan independen. Sebagai produsen
mobil, SVW memiliki populasi mobil terbesar di Cina dan mempunyai jaringan
layanan yang telah berkembang di seluruh negeri. As a result of 20 years'
development, SVW now has over 1,000 4-S dealers and authorized stations that
cover more than 70% of prefectural cities in the whole country. Sebagai
hasil dari pengembangan 20 tahun, SVW sekarang memiliki lebih dari 1.000
dealer resmi yang mencakup lebih dari 70% dari kota-kota prefektur di seluruh
Cina. SVW now boasts the most extensive passenger car after service
network in China, which extends from the southernmost Sanya to the northernmost
Mohe, and from Jiamusi in the east and to Kashgar in the west.SVW sekarang
mempunyai jaringan yang paling luas di Cina, yang membentang dari selatan ke
Sanya Mohe utara, dan dari Jiamusi di timur ke barat Kashgar.
6.
Persaingan Volkwagen
dengan BMW
Volkswagen AG terus mengudak Bayerische Motoren Werke AG (BMW) dalam peta persaingan mobil premium. Setelah sukses mencaplok Ducati, Audi - merek premium dari kelompok VW - berniat membangun pabrik baru di Meksiko dengan target mula berproduksi pada 2016. Menurut sumber yang mengetahui rencana ini dan dilansir Bloomberg (18/4/2012), dengan memiliki pabrik perakitan di Meksiko, Audi berpotensi mengembangkan pasarnya di Amerika Latin dan Amerika Serikat. Pasalnya, sampai kini Audi baru bisa menikmati setengah volume penjualan BMW dan Mercedes-Benz di AS. Jadi, ambisi utama adalah mengejar ketertinggalan di AS dengan target penjualan 200.000 unit pada 2018. Tahun lalu (2011) hanya Audi hanya menjual 117.600 unit di negara Paman Sam tersebut Walter Hanek, Corporate Director Audi Meksiko mengatakan, VW mau punya pabrik baru untuk Amerika Utara, tanpa menyebutkan negara pastinya. "Dengan perkembangan yang dialami Audi saat ini, dibutuhkan fasilitas produksi baru," ujar Hanek di Puerto Vallarta, Meksiko, kemarin. Hanek tak mau membocorkan lebih detil rencana ini. "Meksiko punya reputasi sangat bagus memproduksi dan mengekspor kendaraan," tutup Hanek. Keputusan Audi hadir di Meksiko diambil berselang setahun setelah VW membuka pabrik baru di Tennesse, AS untuk bersaing dengan General Motors. Sementara itu, BMW punya perakitan di Carolina Selatan dan Mercedes-Benz di Alabama. Semua itu dilakukan VW untuk mengejarkan menjadi nomor satu pada 2018.
Volkswagen AG terus mengudak Bayerische Motoren Werke AG (BMW) dalam peta persaingan mobil premium. Setelah sukses mencaplok Ducati, Audi - merek premium dari kelompok VW - berniat membangun pabrik baru di Meksiko dengan target mula berproduksi pada 2016. Menurut sumber yang mengetahui rencana ini dan dilansir Bloomberg (18/4/2012), dengan memiliki pabrik perakitan di Meksiko, Audi berpotensi mengembangkan pasarnya di Amerika Latin dan Amerika Serikat. Pasalnya, sampai kini Audi baru bisa menikmati setengah volume penjualan BMW dan Mercedes-Benz di AS. Jadi, ambisi utama adalah mengejar ketertinggalan di AS dengan target penjualan 200.000 unit pada 2018. Tahun lalu (2011) hanya Audi hanya menjual 117.600 unit di negara Paman Sam tersebut Walter Hanek, Corporate Director Audi Meksiko mengatakan, VW mau punya pabrik baru untuk Amerika Utara, tanpa menyebutkan negara pastinya. "Dengan perkembangan yang dialami Audi saat ini, dibutuhkan fasilitas produksi baru," ujar Hanek di Puerto Vallarta, Meksiko, kemarin. Hanek tak mau membocorkan lebih detil rencana ini. "Meksiko punya reputasi sangat bagus memproduksi dan mengekspor kendaraan," tutup Hanek. Keputusan Audi hadir di Meksiko diambil berselang setahun setelah VW membuka pabrik baru di Tennesse, AS untuk bersaing dengan General Motors. Sementara itu, BMW punya perakitan di Carolina Selatan dan Mercedes-Benz di Alabama. Semua itu dilakukan VW untuk mengejarkan menjadi nomor satu pada 2018.
· Kelebihan mobil eropa:
1. Nyaman
2. Aman (tingkat keselamatannya tinggi)
3. Consummable part-nya lebih murah dan andal (kopling set, rem, dll)
· Kelemahan:
1. Aksesorisnya mahal
2.
Harga bekasnya anjlok (makanya mending beli yg bekas)
3. Menurut orang boros, menurutku tidak, BMW menyediakan ‘fuel economizer’ display, hemat tidak
tergantung kecerdasan pengemudi
4.
Tidak cocok utk orang yg ‘jorok’ dan tidak perhatian.
BAB IV
KESIMPULAN
PERUSAHAAN MULTINASIONAL
Volkswagen merupakan perusahaan multinasional. Perusahaan multinasional (MNC) adalah sebuah perusahaan internasional atau transnasional yang berkantor pusat di satu negara tetapi kantor cabang di berbagai negara maju dan berkembang. Contohnya termasuk General Motors, Coca-Cola, Firestone, Philips, Volkswagen, British Petroleum, Exxon, dan ITT. Sebuah perusahaan akan menjadi perusahaan multinasional berdasarkan keuntungan untuk mendirikan produksi dan kegiatan lainnya di lokasi asing.
Perusahaan mengglobalisasikan kegiatan mereka baik untuk memasok pasar dalam negeri-negara mereka, dan untuk melayani pasar luar negeri secara langsung. Menjaga kegiatan asing dalam struktur perusahaan memungkinkan perusahaan menghindari biaya yang melekat oleh perantara, dengan entitas yang terpisah sambil memanfaatkan pengetahuan perusahaan mereka sendiri. Volkwagen telah mengenal hubungan-hubungan yang melintasi kedaulatan negara yakni munculnya organisasi multinational corporation. Volkwagen keluar dari batas wilayah negaranya dalam melaksanakan aktivitas bisnisnya disebut Multinational Corporation. Perusahan-perusahan yang ada melaksanakan aktivitas bisnisnya di banyak negara (multinasional). Volkwagwn berpusat pada suatu negara dalam mengkoordinasi manajemen bisnis globalnya. Biasanya suatu perusahaan memiliki banyak perusahaan cabang di banyak negara
Volkwagen memiliki pengaruh besar dalam perekonomian global. Volkwagen terus berkembang seiring perekonomian dunia yang semakin hari terus berkembang. Saat ini seiring perkembangan tersebut negara yang berperan besar sebagai aktor utama dalam perkembangan jaman dalam perdagangan internasional.Salah satu aktor (selain negara) yang memiliki pengaruh besar dalam melakukan perdagangan internasional adalah Multinational Corporation (MNC). Perusahaan yang beroperasi pada paling tidak dua negara penerima (host country) yang dihubungkan melalui sebuah perusahaan induk dengan ikatan kepemilikan yang sama. MNC yang beroperasi di negara lain (host country) disebut sebagai subsi diary, sementara MNC yang beroperasi di negara asalnya disebut perusahaan induk.
Sebuah perusahaan internasional atau transnasional yang berkantor pusat di satu negara tetapi kantor cabang di berbagai negara maju dan berkembang. Sebuah perusahaan akan menjadi perusahaan multinasional berdasarkan keuntungan untuk mendirikan produksi dan kegiatan lainnya di lokasi asing. Perusahaan mengglobalisasikan kegiatan mereka baik untuk memasok pasar dalam negeri-negara mereka, dan untuk melayani pasar luar negeri secara langsung.
Volkswagen merupakan perusahaan multinasional. Perusahaan multinasional (MNC) adalah sebuah perusahaan internasional atau transnasional yang berkantor pusat di satu negara tetapi kantor cabang di berbagai negara maju dan berkembang. Contohnya termasuk General Motors, Coca-Cola, Firestone, Philips, Volkswagen, British Petroleum, Exxon, dan ITT. Sebuah perusahaan akan menjadi perusahaan multinasional berdasarkan keuntungan untuk mendirikan produksi dan kegiatan lainnya di lokasi asing.
Perusahaan mengglobalisasikan kegiatan mereka baik untuk memasok pasar dalam negeri-negara mereka, dan untuk melayani pasar luar negeri secara langsung. Menjaga kegiatan asing dalam struktur perusahaan memungkinkan perusahaan menghindari biaya yang melekat oleh perantara, dengan entitas yang terpisah sambil memanfaatkan pengetahuan perusahaan mereka sendiri. Volkwagen telah mengenal hubungan-hubungan yang melintasi kedaulatan negara yakni munculnya organisasi multinational corporation. Volkwagen keluar dari batas wilayah negaranya dalam melaksanakan aktivitas bisnisnya disebut Multinational Corporation. Perusahan-perusahan yang ada melaksanakan aktivitas bisnisnya di banyak negara (multinasional). Volkwagwn berpusat pada suatu negara dalam mengkoordinasi manajemen bisnis globalnya. Biasanya suatu perusahaan memiliki banyak perusahaan cabang di banyak negara
Volkwagen memiliki pengaruh besar dalam perekonomian global. Volkwagen terus berkembang seiring perekonomian dunia yang semakin hari terus berkembang. Saat ini seiring perkembangan tersebut negara yang berperan besar sebagai aktor utama dalam perkembangan jaman dalam perdagangan internasional.Salah satu aktor (selain negara) yang memiliki pengaruh besar dalam melakukan perdagangan internasional adalah Multinational Corporation (MNC). Perusahaan yang beroperasi pada paling tidak dua negara penerima (host country) yang dihubungkan melalui sebuah perusahaan induk dengan ikatan kepemilikan yang sama. MNC yang beroperasi di negara lain (host country) disebut sebagai subsi diary, sementara MNC yang beroperasi di negara asalnya disebut perusahaan induk.
Sebuah perusahaan internasional atau transnasional yang berkantor pusat di satu negara tetapi kantor cabang di berbagai negara maju dan berkembang. Sebuah perusahaan akan menjadi perusahaan multinasional berdasarkan keuntungan untuk mendirikan produksi dan kegiatan lainnya di lokasi asing. Perusahaan mengglobalisasikan kegiatan mereka baik untuk memasok pasar dalam negeri-negara mereka, dan untuk melayani pasar luar negeri secara langsung.
DAFTAR PUSTAKA
Render, Bary dan Heizer, The Economic, Ltd. New York Times.
Play Emperor Casino Slots | Shootercasino
BalasHapusPlay Emperor Casino slot games for free at Shootercasino! Join us today to claim your welcome bonuses and play at the 제왕카지노 총판 best online casinos for real money.